Belajar Menulis

Agar Ananda dapat menjadi penulis yang baik, ada tips  cara mudah belajar menulis yaitu :

  1. Jangan menggunakan Tata Bahasa formal kecuali, Ananda sudah memahaminya;
  2. Tulis dahulu karangannya,  kemudian baru lakukan “penyuntingan”
  3. Tentukan sendir topik karangannya;
  4. Pahami istilah Tata Bahasa yang benar. Kata Benda (Nomina) menamai orang, tempat atau benda. Kata Ganti (Pronomina) menggantikan kata benda. Kata Kerja (Verba) menunjukkan perbuatan. Kata Sifat (Adjektiva) menerangkan kata benda. Kata Keterangan (Adverbia) menerangkan katakerja, kata sifat, atau kata keterangan lainnya. Kata Depan (preposisi) menunjukkan tempat atau kedudukan. Kata Sambung (konjungsi) menghubungkan kata, frase, atau klausa. Kata Seru (Interjeksi) memperlihatkan emosi yang kuat.
  5. Pahami istilah-istilah bagian kalimat, seperti Subyek, predikat,obyek, kalimat langsung dan tidak langsung, kalimat aktif dan pasif dan sebagainya;
  6. Pahami kalimat bersusun yaitu kalimat yang terdiri dari satu klausa bebas dan satu klausa terikat. Klausa adalah bahan pembangun utama kalimat. Kalusa mempunyai satu subjek dan satu predikat.
  7. Pahami kalimat tunggal terdiri atas satu klausa bebas. Kalimat majemuk mempunyai setidaknya dua klausa bebas. klausa disebut bebas karena ia bisa berdiri sendiri. Sedangkan klausa terikat walaupun mempunyai subyek dan predikat tetapi ia tidak bisa berdirisendiri.
  8. Pahami kalimat rull-on adalah dua klausa bebasyang digabungkan dengan koma, padahal ia membutuhkan titik koma atau titik ataukata sambung.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: