Kesenian

Kesenian Lubai

Definisi :

Kesenian mengacu pada nilai keindahan (estetika) yang berasal dari ekspresi hasrat manusia akan keindahan yang dinikmati dengan mata ataupun telinga. Sebagai makhluk yang mempunyai cita rasa tinggi, manusia menghasilkan berbagai corak kesenian mulai dari yang sederhana hingga perwujudan kesenian yang kompleks.

Tarian tradisonal :

Tari tradisi bersifat klasik yang berasal dari Lubai yang ditarikan oleh kaum pria dan wanita umumnya memiliki gerakan aktif dinamis namun tetap berada dalam alur dan tatanan yang khas. Kekhasan ini terletak pada prinsip tari Lubai yang belajar kepada alam, oleh karena itu dinamisme gerakan tari-tari tradisi Lubai selalu merupakan perlambang dari unsur alam. Pengaruh agama Islam, pengaruh budaya kerajaan Sriwijaya juga memberi pengaruh besar dalam jiwa sebuah tari tradisi Lubai.

Macam-macam tari tradisional dari Lubai:

  1. Tari tanggai
  2. Tari serampang 12
  3. Tari piring

Seni Suara :

Seni Suara Lubai disebut dengan betembang yaitu biasanya seorang penyanyi membawa lagu berdasarkan pantun-pantun yang di-iringi oleh gitar tunggal.

Jeliheman :

Salah budaya Lubai yang telah hilang, yaitu Jeliheman yang merupakan cerita rakyat. Pada tahun 1970an Seni Jeliheman di Lubai masih ada. Biasa pertunjukan Jeliheman di-iringan dengan Gong yang besar…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: