Bahasa

Definisi Bahasa :

Bahasa adalah alat atau perwujudan budaya yang digunakan manusia untuk saling berkomunikasi atau berhubungan, baik lewat tulisan, lisan, ataupun gerakan (bahasa isyarat), dengan tujuan menyampaikan maksud hati atau kemauan kepada lawan bicaranya atau orang lain. Melalui bahasa, manusia dapat menyesuaikan diri dengan adat istiadat, tingkah laku, tata krama masyarakat, dan sekaligus mudah membaurkan dirinya dengan segala bentuk masyarakat.

Menurut pengamatan penulis bahwa bahasa orang Lubai suatu bahasa yang erat hubungan dengan bahasa Melayu. Kata-kata dalam bahasa melayu pada umumnya jika dicarikan padanannya dalam bahasa Lubai banyak sekali persamaanya. Contohnya : Sude “sude”, Makan “makan”, Minum “minum”, Sabar “sabar”, Peluh “peluh”, Kemane “kemane” Naik “naik” dan sebagainya.

Adapun terdapat perbedaan pengucapan seperti pada kata : Dakde “tidak ade”, Pedie “ape die”, Lapah “lapar”, Tuhun “turun”, Kebau “kerbau” dan sebagainya.

Penulis dan putra kami tercinta : Ferdy Fadilah Lubara, S.Kom., telah membuat Aplikasi Kamus Bahasa Lubai – Bahasa Indonesia. Kepada yang ingin memiliki Aplikasi Kamus Bahasa Lubai, silakan download diisini

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: