Asal Usul

Kata Lubai tidak diketemukan didalam Kamus Besar Bahasa Indoneisa (KBBI). Nama Lubai adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Muara Enim, Provinsi Sumatera Selatan, Indonesia. Kecamatan Lubai terdiri dari dari 21 desa, yaitu : 1). Air Asam, 2). Aur, 3). Beringin, 4). Gunung Rajam 5). Jiwa Baru, 6). Karang Agung, 7). Karang Mulia, 8). Karang Sari, 9). Kota Baru, 10). Lecah, 11). Lubai Makmur, 12). Lubai Persada, 13). Mekar Jaya, 14). Pagar Dewa, 15). Pagar Gunung, 16. Prabu Menang, 17). Suka Menanti, 18). Suka Merindu, 19). Sumber Asri, 20). Sumber Mulia, 21). Tanjung Kemala.

Asal usul nama Lubai tidak dapat diungkapkan secara pasti kata ini berawal dari siapa, apa maknanya, kapan dimulai penyebutnya, dimana pertama kali diucapkannya. Kata Lubai diambil dari sebuah nama sungai yang mengalir diwilayah Kecamatan Lubai.

Penulis telah berusaha mencari referensi tentang kata-kata Lubai melalaui internet sebagai berikiut :

  1. Nama Sungai Lubai di negeri Serawak Malaysia
  2. Nama daerah Lubai di Provinsi Yunan dinegeri Tiongkok
  3. Nama belakang beberapa warga di Hongaria, hasil mengobrol penulis via facebook dengan  Miss Nikollet Lubai asal Hongaria, penulis bertanya mengapa nama anda berakhiran dengan Lubai, dia mengatakan bahwa disana banyak orang menggunakan nama Lubai. Akan tetapi dia sendiri tidak tahu darimana asal usul nama Lubai itu sendiri..

Berdasarkan cerita dari kakanda Rizwan bin Abdullah Lubai kepada penulis, tahun 2008 menyatakan bahwa kata Lubai telah dimulai beberapa abad silam. Hal ini berdasarkan cerita dari nenek moyang bahwa zaman dahulu pernah datang beberapa pendekar dari kawasan negeri Pasemah di Pagar Alam berkunjung ke marga Lubai. Ketika beberapa pendekar itu sampai di sungai di pinggir perkampungan komunitas Lubai mereka menyatakan inilah Lubai.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: