Rukun itu perbuatan yang harus dilakukan untuk melengkapi suatu pemenuhan. Oleh sebab itu Rukun Islam itu perbuatan-perbuatan yang harus dilakukan untuk memenuhi kelengkapan seseorang untuk menjadi orang Islam.

Rukun Islam terdiri daripada lima perkara:

  • Mengucap kalimat syahadat sebagai kesaksian diri bahwa Tuhan itu hanya Allah dan Nabi Muhammad s.a.w itu Rasul Allah.
  • Menunaikan sholat wajib lima kali sehari.
  • Berpuasa pada bulan Ramadhan.
  • Mengeluarkan zakat.
  • Menunaikan Haji bagi mereka yang mampu.

Syahadat

Syahadat merupakan asas dan dasar bagi rukun Islam lainnya. Syahadat merupakan ruh, inti dan landasan seluruh ajaran Islam. Syahadat sering disebut dengan Syahadatain karena terdiri dari 2 kalimat (Dalam bahasa Arab Syahadatainberarti 2 kalimat Syahadat). Kedua kalimat syahadat itu adalah:

  • Kalimat pertama : 
Asyhadu An-Laa Ilâha Illallâh
artinya : Saya bersaksi bahwa tiada Ilah selain Allah
  • Kalimat kedua : 
wa Asyhadu Anna Muhammadar Rasulullâh
artinya: dan saya bersaksi bahwa Muhammad saw adalah Rasul / utusan Allah.
  • Kalimat pertama menunjukkan pengakuan tauhid. Artinya, seorang muslim hanya mempercayai Allâh sebagai satu-satunya Ilah. Ilah adalah Tuhan dalam arti sesuatu yang menjadi motivasi atau menjadi tujuan seseorang. Jadi dengan mengikrarkan kalimat pertama, seorang muslim memantapkan diri untuk menjadikan hanya Allâh sebagai tujuan, motivasi, dan jalan hidup.
  • Kalimat kedua menunjukkan pengakuan bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allâh. Dengan mengikrarkan kalimat ini seorang muslim memantapkan diri untuk meyakini ajaran Allâh seperti yang disampaikan melalui Muhammad saw, seperti misalnya meyakini hadist-hadist Muhammad saw. Termasuk di dalamnya adalah tidak mempercayai klaim kerasulan setelah Muhammad saw.

Shalat

Shalat adalah rukun Islam yang kedua bagi seorang muslim. Shalat sebagai kwajiban muslim disebut shalat fardlu atau shalat wajib. Kwajiban muslim untuk melakukan shalat sebanyak lima kali dalam sehari semalam. Masing-masing disebut sebagai :

Berdasarkan kebersamaannya, shalat dapat dilakukan dengan cara :

Dalam menjalankan shalat perlu memenuhi syarat dan rukunnya, tetapi pada kondisi tertentu terdapat keringanan cara melaksanakan shalat. Keringanan ini disebut sebagai rukshah shalat, yaitu :

Zakat

Zakat merupakan kewajiban syar’i dan salah satu dari rukun Islam yang sangat penting setelah syahadat dan shalat. Dalil dari Al Qur’anAs Sunnah maupun ijma’kaum muslimin telah nyata menunjukkan bahwa zakat merupakan perkara wajib yang jika seseorang mengingkarinya bisa terjerumus ke dalam jurang kekufuran (murtad).Dia harus bertobat jika ingin kembali diakui lagi sebagai seorang muslim. Jika ia enggan bertobat maka boleh untuk diperangi. Sedang mereka yang bakhil atau membayar namun tidak sesuai kewajibannya maka ia telah berbuat zhalim dan akan berhadapan dengan ancaman Allah yang sangat keras.

Firman Allah Subhaanahu wa Ta’ala, artinya: “Sekali-kali janganlah orang-orang yang bakhil dengan harta yang Allah berikan kepada mereka dari karunia-Nya menyangka, bahwa kebakhilan itu baik bagi mereka. Sebenarnya kebakhilan itu adalah buruk bagi mereka. Harta yang mereka bakhilkan itu akan dikalungkan kelak di lehernya di hari kiamat.”. (QS. 3:180)

Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Barang siapa yang diberi oleh Allah harta kemudian ia tidak membayar zakatnya maka akan dijelmakan harta itu pada hari kiamat dalam bentuk ular yang kedua kelopak matanya menonjol. Ular itu melilitnya kemudian menggigit dengan dua rahangnya sambil berkata: “Aku hartamu aku simpananmu” (HR. Al-Bukhari)

Shaum

Shaum merupakan rukun Islam yang ketiga setelah syahadat dan sholat.Dasar hukum ibadah shaum adalah surat Albaqarah ayat 183.

Haji

Haji merupakan salah satu rukun Islam yang hukumnya wajib untuk yang telah mampu, baik secara fisik maupun keuangan. Ritual haji adalah berkunjung keBaitullah (Ka’bah) untuk melakukan beberapa amalan antara lain: Wukuftawaf,sa’i dan amalan lainnya pada masa tertentu, demi memenuhi panggilan Allah swt dan mengharapkan ridha-Nya.

Dikutif dari berbagai sumber